in Business

Onward. Maju terus…

Dulu secara lugu saya berpikiran bahwa sebuah perusahaan mapan yang cukup besar tidak akan pernah limbung sedemikian rupa sampai kemudian jatuh.

Namun seiring waktu pikiran lugu ini makin tidak dapat dipercaya.

Bisnis adalah bisnis; penuh dengan tantangan dan kompetisi. Setiap perusahaan, baik yang sudah mapan maupun startup akan terus mengalami fase limbungnya sendiri-sendiri.

Banyak yang disebabkan oleh faktor eksternal, lebih banyak lagi disebabkan oleh faktor internal.

Kemarin kita lihat Kodak bangkrut, hari ini kita masih melihat Nokia, RIM, Yahoo tengah dalam kegalauannya yang sangat.

Starbucks pun pernah mengalami kegalauan yang sama. Tahun 2007 – 2009 adalah fase limbung yang sangat menekan; angka penjualan yang terus turun, harga saham merosot, ribuan gerai mesti ditutup, puluhan ribu karyawan dirumahkan. Dan kondisi ekonomi Amerika di tahun 2008 menambah runyam mimpi buruk Starbucks.

Howard Schultz (founder dan ceo Starbucks) merangkum kegalauan tersebut dalam Onward; mulai dari masa sebelum terjadi kelimbungan, sampai akhirnya bisa memetik ‘kemenangan’.

Onward adalah sebuah kisah sukses kembalinya seorang founder menjadi ceo. Tidak banyak kisah sukses seperti ini.

Melalui Onward, kita bisa merenungkan bahwa leadership (soft skills) jauh lebih diperlukan dibandingkan ‘sekedar’ marketing competence (hard skills), mempunyai tim yang tangguh adalah sebuah keharusan dan ketika tekanan datang bertubi-tubi, eksekusi yang persisten dan koheren adalah sebuah keniscayaan.

Kita mesti yakin dan percaya terhadap apa yang kita lakukan.

Howard merangkum semua hal tersebut secara sentimentil melalui Onward.

Saya merekomendasikan buku ini untuk Anda baca, khususnya bagi business owner.

*photo diambil dari sini, tanpa izin.

Saya tengah membangun kebiasaan menulis dengan apdet artikel di blog ini setiap hari Rabu dan berencana melakukannya selama 365 hari (30 Juli 2014 s/d 30 Juli 2015). Jika Anda ingin ikut serta menyemangati saya, silahkan bergabung melalui halaman Get Updates. Thanks :)

Write a Comment

Comment